Monday, November 26

Gizi dan manfaat Srikaya bagi kesehatan

Relatifnya, buah srikaya sangat mirip dengan sirsak (guyabano). Namun lebih kecil dalam ukuran dan tidak memiliki duri lunak. Seperti halnya sirsak, srikaya juga memiliki daging putih manis, lezat dan lembut serta berbiji hitam. Rasanya digambarkan sebagai
persilangan antara pir dan kelapa. Srikaya adalah salah satu buah yang mengandung protein.

 Berikut 10 manfaat yang dapat anda peroleh dari meng-konsumsi buah ini:

1. Membantu mencegah asma (Vitamin C - 151%)
Jika Anda menderita asma, srikaya mungkin baik untuk Anda. Kandungan vitamin C yang dimilikinya sangatlah baik dan berperan sebagai anti-oksidan kuat yang dapat membantu mengurangi resiko asma juga peradangan saluran pernapasan yang umum.

2. Membantu mengontrol kadar gula (Fiber - 44%)
Dua buah srikaya dapat memberikan lebih dari setengah DV serat. Diet serat telah terbukti memperlambat penyerapan gula dalam tubuh dan diet serat tinggi telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah menderita diabetes tipe-2.

3. Menjaga jantung sehat (Vitamin B6 - 25%)
Telah ditemukan bahwa Vitamin B6 dapat mencegah penumpukan homosistein. Tingkat tinggi dari asam amino dalam darah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi penyakit jantung koroner dan stroke.

4. Menurunkan tingkat tekanan darah (Kalium - 18%)
Hal ini juga kaya kalium, mineral yang dikenal untuk mengatur tingkat tekanan darah dengan mengontrol efek natrium dalam tubuh.

5. Membantu tubuh dalam memproduksi energi (Thiamin - 18%)
Merasa sedikit lelah? Srikaya merupakan sumber yang baik dari thiamin, nutrisi yang membantu gilirannya gula menjadi energi.

6. Menjaga pasokan vitamin B lainnya dalam tubuh (Riboflavin -17%)
Salah satu peran penting dari riboflavin dalam tubuh adalah untuk memastikan bahwa tubuh memiliki semua vitamin B lainnya yang diperlukan. Vitamin B adalah kelompok vitamin yang larut dalam air serta sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan fungsi tubuh penting lainnya.

7. Menjaga tulang yang kuat (Magnesium - 13%)
Magnesium sekarang telah menjadi salah satu mineral yang telah ditambahkan dalam suplemen penguatan tulang karena telah terbukti efektif bersama-sama dengan kalsium dalam meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga tulang yang kuat. Kacang-kacangan dan sayuran hijau adalah beberapa sumber magnesium yang tinggi.

8. Membantu menurunkan kadar kolesterol (Niasin - 11%)
Srikaya mengandung niasin, yakni vitamin B yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

9. Membantu menjaga kesehatan tiroid (Tembaga - 11%)
Srikaya mengandung sejumlah tembaga, yakni mineral yang penting untuk produksi hormon tiroid yang disebut tiroksin.

10. Membantu mencegah masalah kehamilan (Folat - 9%)
Apakah Anda tahu bahwa folat merupakan salah satu vitamin B? Folat juga disebut vitamin B9. Folat terkenal karena perannya sangat penting dalam konsepsi terutama dalam mencegah masalah neural tube untuk bayi. Beberapa buah yang kaya akan folat yakni alpukat, jambu biji dan pepaya.

No comments:

Post a Comment