Friday, November 30

Hal-hal berbahaya yang sering dilakukan oleh penyeberang jalan

Sebagai penggunan jalan raya/ jalan umum, tentunya kita perlu mengetahui aturan serta rambu-rambu lalu-lintas yang berlaku demi ketertiban dan keselamatan bersama.
Tidak hanya itu, kita-pun perlu waspada dalam berkendara maupun berjalan-kaki saat berada di jalan-an umum.


Kecelakaan lalu-lintas dapat timbul karena adanya faktor kelalaian yang dilakukan oleh diri sendiri maupun orang lain. Dan berikut ini merupakan beberapa hal bodoh yang paling sering dilakukan oleh para penyeberang jalan yang tanpa disadari dapat membahayakan keselamatan sendiri maupun orang lain.

Berikut adalah hal berbahaya (bodoh) yang sering dilakukan oleh penyeberang jalan:
  • Menyeberang jalan dengan seenaknya tanpa menggunakan fasilitas penyeberangan terdekat yang telah disediakan.
  • Menyeberangi jalan hanya dengan memperhatikan ke satu arah. Dalam hal ini, para penyeberang paling sering hanya melihat ke arah kiri meskipun mereka baru akan melewati ruas pertama, dan dengan yakin bahwa kendaraan yang datang dari arah kanan masih jauh atau akan menyesuaikan memberi kesempatan mereka lewat. Tindakan bodoh ini paling sering dilakukan oleh penyeberang jalan dewasa ini.
  • Tanpa memperhatikan ke kiri/kanan, menyeberangi jalan dengan cara berlari secepatnya.
  • Menyeberangi jalan dengan santai tanpa memperhatikan kedua sisi jalan adanya kendaraan yang mungkin mendekat dengan kecepatan tinggi.
  • Ragu-ragu saat menyeberangi jalan. Bingung apakah harus maju atau mundur pada saat kendaraan semakin mendekat.

Sebagai pengguna jalan umum, baik yang berkendaraan maupun yang berjalan kaki perlu lebih waspada terhadap kelalaian-kelalaian seperiti ini demi tetap terjaga-nya kenyamanan dan keamanan dalam berlalu-lintas.

No comments:

Post a Comment